USB MIDI CABLE

Asal Beli

Beberapa bulan lalu saya jalan2 di BEC bandung dan melihat USB MIDI cable, setelah melihat harganya Rp 325.000 saya memutuskan untuk membeli. Lumayan mumpung kartu kredit saya masih jauh dari batas limit.
Sebenarnya cable ini ingin saya belikan buat bapak saya yang hobby musik, kebetulan beliau punya yamaha psr yang lama -dulu saya belikan second dari seorang yang punya hobby dangdut organ tunggal. Dasar keyboard sudah lama, disket untuk merekam musiknya sudah rusak sehingga saya berpikiran untuk merekam musiknya via komputer saja setelah membaca referensi di internet. Tapi memang belum jodoh, komputer bapak saya setelah diinstall software midi maker ternyata tidak bisa membaca USB MIDI cable tsb. Secara komputernya PII, win me pula, akhirnya USB MIDI cable tsb. nganggur. Karena penasaran saya akhirnya mengorbankan kartu kredit saya lagi untuk membeli yamaha e-312 yang minim fasilitas tapi mempunyai koneksi midi in out. Wah ini pasti jadi tertawaan, karena pembelian satu barang menyebabkan pembelian barang lain dengan harga 5 x lipatnya..hahaha..benar2 bodoh dan lebih frustasi lagi ternyata awal2nya koneksinya tidak sukses, sehingga saya tinggalkan begitu saja.

Apa itu midi

Mas wiki bilang: Musical Instrument Digital Interface (MIDI) adalah sebuah standar hardware dan software internasional untuk saling bertukar data (seperti kode musik dan MIDI Event) di antara perangkat musik elektronik dan komputer dari merek yang berbeda. MIDI tidak memancarkan media audio tapi memancarkan data digital tentang aktual musik action seperti titi nada dan intensitas not musik yg dimainkan, mengendalikan data untuk parameter seperti volume, vibrato dan keras suara, dan ketukan untuk menentukan tempo. Semua MIDI in dan MIDI out connectors adalah bagian dari suatu alat penghubung MIDI . Alat penghubung  MIDI  memindahkan data biner in kepada MIDI out connector untuk transmisi data MIDI alat yang lain. Secara phisik MIDI connectors adalah DIN 5/180° connectors.

Asal Beli 2
Gak kapok2, setelah kegagalan tsb diatas, saya jalan2 di depan ITB Bandung, kesempatan mampir ke stand software bajakan kaki lima. Secara saya juga seperti biasa saya beli tebang habis tanpa mikir, dapat software2 musik seperti, sound forge, finale, fruity loops, v generator, entah fungsinya buat apa, biarin @ rp 7500 ini. Seperti biasa setelah terinstal saya gak bisa makenya, bad habit….dont try this at home.

Asal coba

Berbekal dari bimbingan mas google saya coba lagi koneksi midi trial 2. akhirnya dengan teori mencoba2 benar akhirnya terjadi juga komunikasi 2 arah itu.

berikut tahapan coba2 ancur yang terjadi:

1. persiapkan usb midi kable, keyboard dengan midi connector dan komputer PIV ke atas

2. colokan usb midi kable ke usb connector di komputer

3. pastikan lampu indikator merah koneksi berhasil menyala

4. colokan connector in out midi  ke keyboard, in kabel ke out keyboard, out kabel ke in keyboard

5. pastikan indikasi hardware dan driver telah terinstall di komputer (otomatis)

6. pastikan lampu indikator hijau dan kuning berkedip2 tanda transmisi data

7. pastikan sound driver telah dikenali komputer

8. setting midi konektor di software anda

9. nah….anda siap main keyboard dalam monitoring komputer

note:

Bisa juga memainkan midi file dengan winamp, keyboard anda secara otomatis akan memainkan lagu tsb.

Fruity loops juga makin mempercantik lagu yang kita mainkan:


berikut hasil modifikasi file2 midi dengan software finale dan fruity loops

contoh (ada di esnips)

22 thoughts on “USB MIDI CABLE

  1. Wah thank’s beraaaat om, soalnnya saya kemaren baru beli kabel midi, eh pas dipasang ga ada efek apa-apa. udah khawatir aja nih padahal keyboard baru saya beli 2 minggu kemarin n sekarang saya mau coba lagi ….. Nuhuuuuuuunn, salam kenal ah ???

  2. waahh, obral obrol ikutan ah.. hee setlh baca2 coment jadi tertrk juga nih nyobain kabel midi usbnya so qu juga hobi musik,, tapi seblumya mu tanya2 yang dah PENGALAMAN untuk usbnya kabel midi, bisa ga mentransfnya ke flashdisk, selain pc or notebook, misalnya untuk penyimpanan data song midi n stylenya biar lebih gampang.. n penyimpanan lebih banyak.., tentunya dibandingkan disket(floppy disk drive) soalnya saya khwatir penjualan disket bakalan di stop.. trus kalau bener waaah gmana nasib keyboard yang masih menggunakan disket yaaa…, fungsi kblmidi usb apa ajah? balas..

  3. dari semua unek2 tmn2 jadi aku juga pengin nih pa 50 ku bisa pakai kabel midi to usb, cuma denger dari temen yg jual kabel katanya harus diinstal sof ware dulu di pc maupun di keyboardnya dulu. APA BETUL YAH minta info kpd teman yg lebih duluan ahli, turnuwun

  4. bagi temen2..aku jg pake pa 50.dan baru 1 mggu ini pake kabel midi ke laptop…alhasil..wah keren abis.serasa maen orkes..tp harus intal soware di laptop dahulu ya

  5. Saya ada Casio Previa PX 120 , hanya ada port midi, dan style terbatas.
    Apakah melalui Port Midi tsb saya bisa kirim data style tambahan buat Piano Digital tsb ? jadi biar bisa berfungsi spt keyboard lain

  6. Terima kasih infnya , kalau beli usb midi cablenya gimana caranya ,bisa dikirim kerumah.saya
    alamat : Ciomas Permai Blok B2 No 2, Kel.Ciapus ,Kec.Ciomas,Kab.Bogor, Jawa-Barat
    Berapa harga + ongkos kirim

Tinggalkan Balasan

